LPPM UNBRAH

LPPM UNBRAH

PROFIL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LPPM) UNIVERSITAS BAITURRAHMAH

  1. Sejarah

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Baiturrahmah merupakan salah satu unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokoknya di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat. Pada awalnya Lembaga ini berstatus sebagai Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Baiturrahmah yang dibentuk berdasarkan SK Rektor No. 01/UNBRAH/I/1999 dengan mengangkat Gampito, SE, M.Si sebagai kepala pusat penelitidan dan Amrullah, SE, M.Si sebagai Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dengan masa kerja tahun 1999-2003. Namun, Pada bulan November 1999 kepala Pusat Penelitian mengundurkan diri untuk mengemban tugas sebagai Kepala Pusat Penelitian dan digantikan oleh Drs. H. Muchtaruddin, M.Sc berdasarkan SK Rektor No 346/UNBRAH/XI/1999.  hingga berakhir pada tahun 2016 berdasarkan SK Rektor No. 623/SK-UNBRAH/F/VIII/2016 pusat Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diubah menjadi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan SK Rektor Unbrah No. 623/SK-UNBRAH/F/VIII/2016 dibentuk Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Baiturrahmah dengan masa kerja 2016-2020. Untuk kelancaran pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ada di Universitas Baiturrahmah lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bantu oleh unit penelitian dari masing-masing fakultas dan jurusan di lingkungan Universitas Baiturrahmah.

Dalam bidang dharma ke dua Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pada tahun 2019 ini terjadi peningkatan daridua tahun sebelumnya. Berbagai kegiatan bedah proposal, workshop penelitian yang di inisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unbrah telah menampakkan hasil. Jumlah proposal yang lolos pendanaan Kemenristekdikti di tahun 2019 meningkat sebesar 37,5%, dimana tahun 2018 baru 9 proposal yang lolos dana Dikti. Suatu hal yang menggembirakan bahwa dosen tetap Unbrah telah mampubersaing untuk memperoleh dana penelitian pada beberapa skim penelitian yang dikeluarkan Kemenristekdikti melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat .Untuk mendorong minat meneliti, Yayasan Pendidikan Baiturrahmah juga mengalokasikan dana penelitian setiap tahunnya. Pemanfaatan dana yayasan ini juga meningkat dari dua tahun belakangan. Pada tahun 2017 sebanyak 26 dosen mendapatkan kucuran dana penelitian dari yayasan, meningkat 34,6% dibanding tahun 2016. Penyebaran kegiatan penelitian antar fakultas di lingkungan Unbrah juga sudah semakin membaik dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Suatu hal yang membanggakan pada tahun 2019 ini adalah perubahan minat meneliti di kalangan dosen yang sudah semakin meningkat.

 

Meningkatnya minat meneliti dosen Unbrah nampaknya belum diikuti oleh keinginan untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal-jurnal ilmiah, terutama jurnal-jurnal internasional, dimana padatahun 2019 ini tercatat barusebanyak 5 orang dosenyang sudah mengajukan dana bantuan publikasi hasil penelitiannyadi jurnal nasionalterakreditasi maupun jurnal internasionalbereputasi. Hasil-hasil penelitian yang telah mendapat Paten/HaKi juga menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Pada tahun 2019 telah diusulkan sebanyak 28 HaKI, 26 berupa buku ajar, dan 2 lagi hasil penelitian dosen Unbrah.

 

Untuk itulah, pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah mengukir prestasi dibidang penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Kegiatan pengabdian sebagai salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi merupakan jembatan yang mempertemukan perguruan tinggi dengan masyarakat dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan seyogyanya berbasis hasil-hasil penelitian, sehingga kegiatan meneliti yang dilakukan oleh dosen tidak hanya sampai mendapat jawaban keingintahuan seorang peneliti, tapi haruslah lebih jauh dari itu, penelitian berguna dan mampu diterapkan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Unbrah juga memperlihatkan trend meningkat. Datamemperlihatkan bahwa pada tahun 2017 ada 31 kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen dari berbagai fakultas, meningkat 41,9% dari tahun sebelumnya. Namun, ke depan dosen terus didorong untuk berkolaborasi dengan berbagai program studi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut,LPPM Unbrah harus selalu bekerja keras memetakan masalah yangdihadapi masyarakat serta mengidentifikasi potensi kepakaran yang dimilikioleh Universitas Baiturrahmah, lalu disinergikan pula dengan program-program yang dirancang oleh pemerintah daerah sehingga keberadaan Universitas Baiturrahmah dapat dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak.

 

Kegiatan kerjasama pengabdian masyarakat yang dijalin dengan berbagai institusi lain juga memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan. Kegiatan kerjasama ini tidak hanya terbatas diwilayah Sumatera Barat saja tetapi juga dengan institusi regional.

 

Salah satu kegiatan kerjasama di bidang pengabdian kepada masyarakat yaitu antara Fakultas Kedokteran Gigi Unbrah dengan PT. Unilever brandnya pepsodent dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Agenda tahunan ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pemeriksaan dan perawatan gigi gratis untuk masyarakat kota Padang dan sekitarnya, penyuluhan kepada anak-anak sekolah tentang cara menyikat gigi yang baik dan sehat.

 

  1. Dasar Hukum Pendirian
  2. SK Rektor Unbrah No. 01/UNBRAH/I/1999, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Baiturrahmah
  3. SK Rektor Unbrah No. 346/UNBRAH/XI/1999, tentang Pemberhentian dan pengangkatan Kepala Pusat Penelitian Universitas Baiturrahmah
  4. SK Rektor Unbrah No. 31/F/UNBRAH/II/2006, tentang Pemberhentian dan pengangkatan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Baiturrahmah
  5. SK Rektor Unbrah No. 623/SK-UNBRAH/F/VIII/2016, tentang Pemberhentian dan pengangkatan Kepala Pusat Penelitian Universitas Baiturrahmah
  6. SK Rektor Unbrah No. 31/F/UNBRAH/II/2006, tentang Pembentukan dan Penetapan Personil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Baiturrahmah

 

  1. Visi dan Misi

Visi dan Misi LPPM Universitas Baiturrahmah adalah sebagai berikut :

VISI

LPPM sebagai lembaga terkemuka dan berkualitas dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dan Inovasi.

MISI

  1. Meningkatkan budaya penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) yang menjunjung tinggi nilai etika dan moral.
  2. Mengembangkan program-program pengabdian masyarakat yang berbasis pada hasil penelitian dan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan kerjasama yang produktif dan saling menguntungkan dengan instansi lain khususnya dibidang kesehatan, baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional.

 

  1. Pimpinan / Manajemen

Ketua                    : drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D

Sekretaris             : Vitri Yuli Afni Amran, S.SiT, M.Keb

Operator               : Yollanda, A.Md