LPPM UNBRAH

LPPM UNBRAH

  • Home

LPPM Unbrah Gelar Workshop Systematic Review dan Meta Analysis Secara Daring

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unbrah menggelar workshop penelitian Systematic Review dan Meta Analysis secara dalam jaringan pada Sabtu 26 September 2020.
Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari Al Ehsan Institute Indonesia antara lain Faizul Hasan, MSN, RN, Edi Sampurno Ridwan, Ph.D, Mega Hasanul, H. Ns.Sp Kep,An. MARS, dan Renny Wulan A, Ns.M.Kep.
Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang juga menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya rektor mengatakan kegiatan ini bisa merangsang dosen di Unbrah melakukan penelitian dan kemudian menulis artikel ilmiah di jurnal terindeks internasional.
Sebab menurut rektor keharusan meneliti saat ini amat berimplikasi pada berbagai hal seperti dalam kenaikan peringkat perguruan tinggi serta jabatan fungsional.
Terlebih sekarang dosen akan dapat terindentifikasi dengan mudah yang meneliti dan tidak semenjak ada Sinta dan Google Schollar.
Melakukan penelitian dengan metode Systematic Review dan Meta Analysis diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian dosen di Unbrah yang selanjutnya dapat menembus jurnal terindeks Scopus dan kelas internasional lainnya.
Untuk itu rektor berharap dosen Unbrah yang mengikuti workshop ini mendapatkan manfaatnya dan segera mengimplementasikan dalam penelitian.
Sementara itu narasumber Faizul Hasan, MSN, RN mengatakan penelitian dengan sistem meta analysis dinilai lebih efektif khususnya pada jenis penelitian medis seperti pengaruh obat atau penyakit.
Menurutnya dalam melakukan meta analysis juga perlu digunakan perangkat lunak resmi yang terintegrasi agar hasilnya akurat.
Dalam kesempatan tersebut Faizul Hasan, MSN, RN menyampaikan beragam metode praktis tentang meta analysis serta contoh beberapa penelitian yang menggunakan sistem tersebut.
Menurutnya penelitian dengan sistem ini sangat berpeluang lolos ke jurnal berindeks internasional karena dapat mengurangi bias antara hasil dan tujuan penelitian.
Sementara itu pada sesi berikutnya Edi Sampurno Ridwan, Ph.D bersama tim menyampaikan tentang Systematic Review atau Tinjauan Pustaka Sistematis.
Poin yang disampaikan karena tujuannya dalam mereview banyak literatur artikel, sistem ini membutuhkan tim untuk penyeleksian.
Nantinya dalam satu tim terbagi beberapa anggota yang ikut mereview artikel dengan porsi yang berbeda sesuai kemampuan.
Secara keseluruhan menurut Kepala LPPM Unbrah drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D kegiatan diharapkan dapat membantu peneliti di Unbrah dalam memilih metode penelitian yang artikelnya potensial terindeks bereputasi.
Kegiatan ini dimoderatori Sekretaris LPPM Unbrah Vitri Yuli Amran, S.SiT, M.Keb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *